Perilaku Caring Berdasarkan 10 FAKTOR KARATIF
Perilaku Caring Berdasarkan
10 FAKTOR KARATIF
1.
Membentuk Sistem Nilai
Humanistik-Altruistik
Ø Mengenali
nama
Ø Mengenali
Karakteristik Klien
Ø Mengenali
kelebihan dan kekurangan klien
Ø Mendahulukan
kepentingan klien daripada kepentingan pribadi
Ø Memberikan
waktu pada klien meskipun sedang sibuk
Ø Memperhatikan
dan mendengarkan apa yang menjadi kebutuhannya
Ø Menghargai
dan menghormati pendapat dan keputusan klien terkait dengan perawatannya
Ø Memberikan
informasi kepda klien terkait asuhan keperawatan yang di berikan
Ø Menggunakan
sentuhan untuk kesembuhan
Ø Memberikan
kesempatan pada klien untuk menentukan asuhan keperawatan yang akan dijalaninya
Ø Memotivasi
klien untuk mengahadapi penyakitnya secara relistik
Ø Mebantu
klien untuk memahami alternative tindakan pengobatan dan perawatan yang
ditentukan
Ø Menjelaskan
kepada klien timdakan pengobatan yang dilakukan
Ø Memberikan
dukungan spiritual misalnya dengan pendekatan religi seperti mendatangkan
pemuka agama sesuai dengan keyakinan yang dianut klien sehingga meningktkan
motivasi klien untuk bertahan hidup
3. Meningkatkan
Kepekaan Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain
Ø Memperkenalkan
diri kepda klien saat di awal kontrak dan membuat kontrak
Ø Menyampaikan
tujuan
Ø Menyepakati
kontrak
Ø Menjelaskan
kepada klien bahwa perawatan akan selalu ada setiap klien membutuhkan
Ø Menyediakan
waktu bagi klien untuk mengekspresikan perasaan dan pengalamannya
Ø Menjelaskan
setiap tindakan yang akan dilakukan pada klien
Ø Melakukan
komunikasi terapeutik setiap konsekuensi dengan klien
4. Membina
Hubungan Saling Percaya
Ø Memperkenalkan
diri kepda klien saat di awal kontrak dan membuat kontrak
Ø Menyampaikan
tujuan
Ø Menyepakati
kontrak
Ø Menjelaskan
kepada klien bahwa perawatan akan selalu ada setiap klien membutuhkan
Ø Menyediakan
waktu bagi klien untuk mengekspresikan perasaan dan pengalamannya
Ø Menjelaskan
setiap tindakan yang akan dilakukan pada klien
Ø Melakukan
komunikasi terapeutik setiap konsekuensi dengan klien
5. Mengembangkan
dan Menerima Ekspresi Perasaan Positif dan Negatif
Ø Menjadi
pendengar aktif dengan mendengarkan keluhan klien
Ø Mendengarkan
ekspresi klien tentang keinginannya untuk sembuh dan apa yang dilakukan ketika
sembuh
Ø Memotivasi
klien untuk mengungkapkan perasaannya baik positif maupun negative
Ø Menerima
aspek positif maupun negative sebagai aspek kekuatan yang dimilikinya
Ø Menjelaskan
tentang pemahaman diri perawat terhadap penderitaan klien
6. Menggunakan
Metode Ilmiah dalam Menyelesaikan Masalah
Ø Mengkaji,
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keperawatan sesiau dengan
masalah klien
Ø Mempertimbangkan
untuk mengabulkan permintaan klien dalam memperoleh sesuatu yang membuat klien
cemas bila tidak dilakukan
Ø Memenuhi
keinginan klien yang bermacam-macam dengan sabar
Ø Selalu
menanyakan keinginan klien yang spesifik
7. Meningkatkan
Proses Pembelajaran Inerpersonal Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Kesehatan
Klien
Ø Menjelaskan
setiap keluhan klien secara rasional dan ilmiah sesuai dengan tingkat pemahaman
klien dan cara mengatasinya
Ø Selalu
menjelaskan setiap tindakan yang dilakukan
Ø Menunjukkan
situasi yang bermanfaat agar klien memahami proses penyakitnya
Ø Mengajarkan
cara pemenuhan kebutuhan sesuai masalah yang dihadapi klien
Ø Menyanyakan
kepada klien tentang kebutuhan pengetahuan yang ingin diketahuinya terkai
dengan penyakitnya
Ø Meyakinkan
klien tentang kesediaan perawat untuk menjelaskan apa yang ingin diketahui
8. Menciptakan
Suasana Suportif, Korektif, dan Protektif terhadap Mental, Fisik,
Sosiokultural, dan Spiritual.
Ø Menyetiujui
keinginan klien untuk bertemu dengan ulama agama
Ø Menghadiri
pertemuan klien dengan ulamanya
Ø Memfasilitasi
atau menyediakan keperluan klien ketika akan berdoa atau beribadah sesuai
dengan agamanya
Ø Bersedia
mencarikan alamat dan menghubungi keluarga yang sangat diharapkan mengunjungi
klien
Ø Bersedia
menguhubungi teman klien atas permintaan klien
9. Membantu
Memenuhi Kebutuhan Dasar Manusia
Ø Bersedia
memenuhi kebutuhan dasar dengan ikhlas
Ø Menyatakan
perasaan bangga dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi klien
Ø Menghargai
privasi klien ketika sedang memenuhi kebutuhannya
Ø Menunjukkan
pada klien bahwa klien adalah orang yang pantas dihargai dan dihormati
10. Menghargai
Kekuatan Eksternal yang Ada dalam Kehidupan
Ø Memberikan
kesempatan pada klien dan keluarga untuk melakukan hal-hal yang bersifat ritual
demi proses penyembuhannya
Ø Mampu
memfasilitasi kebitihan klien dan keluarga terhadap keinginan melakukan terapi alternatif
sesuai pilihannya
Ø Memotivasi
klien dan keluarga untuk berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ø Menyiapkan
kelien dan keluarganya ketika menghadapi fase berduka
We need to love, respect, care for ourselves, and treat
ourselves with dignity, before we can respect, love, and care for others and
treat them with dignity