October 17, 2011

Drama - Prasangka Tanpa Hati


Prasangka tanpa Hati

Urvan Maulana Mufqi           Sebagai           Oky ( Siswa yang baik)
Ana Sakinah                           Sebagai           Bu Ana ( Guru baik hati )
Yudia Eriza                             Sebagai           Yuri ( Siswa sadis dan sombong )
Mona Yosefin                          Sebagai           Maia ( Siswa sadis dan sombong )
Nadhilah Andriani                  Sebagai           Nani ( Siswa yang lembut )
Diva de Laura                        Sebagai           Dela ( Siswa yang cukup baik )
Ummie Zakiah                        Sebagai           Mia ( Siswa kasar tapi lembut )

Pagi yang cerah. Murid-murid mulai berdatangan ke sekolah. Mereka kelihatan bersemangat. Begitupun dengan guru-guru mereka. Ya, suasana setiap pagi di SMA Karya Bangsa yang sangat terkenal.

Maia    : Hei... semua ...
Yuri      : Eh Mai, sini deh ada yang mau gua omongin!
Maia    : Apaan?
Yuri      : Lihat tuh si Mia aneh kan?
Maia    : Iya tuh! Baru pertama sekolah udah kaya gitu!
Yuri      : Cari lawan tuh Mai...
Maia    : Lihat aja ntar, gue ada rencana bagus.

Tidak beberapa lama kemudian, bel masuk pun berbunyi. Semua murid masuk ke kelas masing-masing. Dan......

Bu Ana: Selamat padi anak-anak ....
Murid  : Pagi bu...
Mia      : Wow... ibu makin manis aja dech...
Maia    : Oh.... biasa aja kaleeee..
Yuri      : Tau tuh, perasaan.... biasa ja deh!
Nani    : Loh. Itu aja kok jadi masalah sih!
Yuri      : Eh Nan! Lo ngapain ikut-ikutan? Diem aja bisa ga’?
Nani    : Huh! Cape deh!!
Bu Ana: Sudah! Nggak usah berantem! Ayo kita mulai pelajaran berikutnya.

Semuanya diam dan suasana pun hening.

Bu Ana: Ada tugas?
Maia    : Ngga’ ada bu.
Oky     : Ada bu”!
Bu Ana: Jawab yang jujur! Ada apa ngga’?
Yuri      : Ngga’ ada bu....
Mia      : Ada kok bu..
Bu Ana: Ya sudah. Kalau begitu, kumpulkan sekarang.
Mia      : Iya bu.
Maia    : Hei... tugas apaan sich? Perasaabn ga’ ada deh!
Oky     : Itu loh tugas laporan pratikum kemaren, emang kamu ngga’ bikin ya?
Maia    : Boro-boro gue bikin! Males banget!
Oky     : Ya, salah sendiri, resiko buat kamu.
Maia    : Apa loe bilang? Loe ngeledekin gue, ha?
Oky     : Ng...ngga’... kok. Aku kan Cuma bilangin aja..
Maia    : Awas loe yah!

Sesaat setelah itu, bu Ana melanjutkan pelajarannya. Tapi tak lama kemudian....
Bel pun berbunyi...

Nani    : Mia, kekantin yu’..
Mia      : Oke, tapi.... aku lupa bawa uang.
Nani    : Mmmm... aku bayarin deh.
Mia      : Beneran yah?? Ayuk...
Yuri      : Hei, mau kemana?
Mia      : Ngomong sama aku?
Yuri      : Ngga’, sama kebo! Yaiyalah dodol, gimana sih oon banget!
Mia      : Ah, ada apa sih?
Yuri      : Sini deh loe! Beliin gue makanan gih!
Mia      : Makanan apaan??
Yuri      : terserah lo!
Nani    : Kok gitu sih? Ntar kamu ngga’ suka lagi makanan yang kami beliin!
Yuri      : Yang ngomong sama loe tuh siapa?
Nani    : Bukannya gitu, aku kan Cuma ngasih tau aja.
Mia      : Eh loe bisa diem ngga’ sih?!
Nani    : Maaf deh.

Disaat suasana sedang tegang....
Oky datang dengan wajah culunnya...

Oky     : Nan, kamu dipanggil bu Ana.
Nani    : Emangnya ada apa?
Oky     : Aku juga ngga’ tau.
Nani    : Oh! Yaudah deh kalo gitu.. (sambil berjalan ke luar kelas)
Yuri      : Eh eh, mau kemana loe?
Nani    : Tempat bu Ana.
Yuri      : Gue kan belum selesai ngomong amaa lue, maen kabur aja!
Nani    : Tadi kamu suruh aku diem, sekarag aku mau pergi kamu marah, kamu gimana sih?
Yuri      : Ah, males gue ngomong ama lu, yaudah, pergi lo sana!

Saat Nani mulai berjalan, Dela yang sedang asyik membaca datang ke tempat keributan karena mereka merusak konsentrasinya membaca.

Dela    : Ada apa sih, ribut-ribut melulu dari tadi?
Mia      : Ini nih La, aku kan tadi mau kekatin ama si Nani, eh Yuri minta beliin makanan dan dia ngga’ mau bilang mau beli apa, ntar salah beli dia ngamuk lagi, tau kan dia tu kayak apa? (sambil melihat sinis ke arah Yuri)
Dela    : Trus Nani nya sekarang mana?
Oky     : Dia lagi ke kantor, dipanggil bu Ana.
Dela    : Oh...
Yuri      : Diem diem diem! La, ngapain lue ke sini, gangguin gue aja..
Dela    : Ya abisnya kalian gangguin aku lagi baca, jadi gak konsen nih!
Yuri      : Elo kalo mau baca yang tenang, ke perpus aja sana, goblok banget sih lo!
Dela    : Yuri, kamu sekolah ngapain aja sih? Nggak tau ya kalo perpus itu lagi diperbaikin, nggak baca yah kalo ada tulisa ”DITUTUP SEMENTARA”?
Yuri      : Hah, ooh yee? Belan kemaren masih baek-baek aja tuh!
Dela    : Itu kan bulan kemaren, kamu sih... ke perpus sekali sebulan, itupun gag pasti. Ya kan??
Yuri      : Diem! Ato nggak gue hajar mulut loe!
Karena malas melanjutkan permasalahn itu, Dela lebih memilih pergi dari kelas itu, dan ia pun melangkah keluar…

Mia      : La, mau kemana?
Dela    : Ke taman, mau cari ketenangan.
Mia      : Aku ikut yah?
Dela    : Ayo..
Oky     : Eh eh, temen-temen, aku juga ikut!
Dela    : Kalo mau ikut, ada syaratnya!
Oky     : Apa?
Dela    : Beliin makanan ke kantin ya, ntar kamu juga kebagian kok! Ya ga’ Ya? Nih uangnya (sambil menyodorkan uang)
Mia      : Betul betul betul, Ide yang bagus.
Oky     : Oce dech...

Mereka bertiga kemudian sudah berkumpul di taman sekolah. Mereka membahas tentang ulangan yang akan merekan hadapi. Tapi, mereka tidak tau kalau di dalam kelas, ada dua orang yang sedang membuat sebuah rencana jahat....

Maia    : Ri, loe tau ngga’ kenapa si Nani dipanggil bu Ana?
Yuri      : Ngga’, emang loe tau?
Maia    : Menurut gue, bu Ana mau jadiin Nani mata-mata buat kita!
Yuri      : Hah! Yang bener aja loe?
Maia    : Ya.. felling gue bilang gitu,
Yuri      : Trus kita gimana dong?
Maia    : Nah, itutuh yang mau gue bilangin ma loe, kita harus buat suatu rencana!
Yuri      : Rencana apa?
Maia    : Kita masukin obat yang bikin si Nani pusing dan jatuh sakit, jadi dia kan ngga’ bisa skolah tuh, jadi kta aman kan?
Yuri      : Bagus banget tuh Mai, eh tapi itu kan buat sementara aja. Kalo Nani udah sembuh gimana?
Maia    : Eh loe tu gimana sih, yang penting kan dalam waktu dekat ini kita aman, buat yang selanjutnya, kita kan punya waktu buat mikir. Oke!
Yuri      : Oke dech!

Hari berikutnya, Maia dan Yuri berpura-pura baik kepada Nani, hingga mereka berhasil untuk mengajak Nani makan bareng ke kantin. Disanalah Maia memasukkan obat itu ke dalam minuman Nani. Dia sengaja pergi untuk mengambil makanan mereka bertiga. Saat itu, Oky yang juga sedang mengambil makanannya melihat Maia memasukkan sesuatu ke gelas minuman, tapi dia tak berfikir apa-apa.
Sesaat kemudian, Nani meminum minumannya dan dia mulai merasakan kepalanya pusing.

Nani    : Eh temen-temen, kepala aku agak pusing nih, aku ke kelas dulu yah..
Yuri      : Eh, ia...
Nani    : Bye.. (lalu pergi menuju kelas)
Maia    : Obatnya mulai bereaksi...
Yuri      : Rasain loe!

Di kelas...
Dela    : Eh, kamu dari mana Nan? Kok pucet amat?
Nani    : Dari kantin, ga’ tau nih. Kepala aku pusing..
Dela    : emangnya ka....

Dan Nani terjatuh, tapi sadar..

Dela    :  Nan, Nani.... Mia Mia... Sini bantuin aku...
Mia      : (berlarian dari luar) Ada apa? Nani kenapa?
Dela    : Aku juga gag tau pasti, yo’ kita bawa dia ke UKS.
Mia      : Yo...

Mereka berdua memapah Nani yang sudah pucat dan lemas ke UKS. Lalu Dela menelpon Orang tua Nani untuk segera membawa Nani ke rumah sakit. Karena kelihatannya Nani tak bisa hanya istirahat di UKS. Sedangkan guru sedang rapat.
Mereka menunggui Nani hingga orang tuanya menjemput.

Keesokan harinya di sekolah...

Oky     : Ya, tau kabarnya Nani?
Mia      : Ngga’ Ky, ntar ajak Dela liat Nani yu, aku khawatir dia kenapa-napa.
Oky     : Aku juga, aku tanya Dela ya?
Mia      : Ia, tuh dia lagi asyik baca buku.
Oky     : (berjalan ke tempat Dela) La, Ntar liat Nani yu, kamu tau dimana?
Dela    : Ya, aku tau, dia di RS Nusa Indah.
Oky     : Pulang sekolah ya…

Hari ini, lagi-lagi pelajaran Bu Ana…

Bu Ana: Siang anak-anak..
Murid  : Siang bu....
Bu Ana: Mmmm, sepertinya ada dua orang yang tidak hadir, Kalian tai mereka kemana?
Dela    : Nani sakit bu..
Bu Ana: Yuri?
Maia    : Eh, ibu.. Gag liat suratnya Yuri tuh diatas meja!
Mia      : Mai, kamu bisa sedikit sopan ga’ sama guru?
Maia    : Apa lo?
Mia      : Yaudah!
Oky     : Yuri kenapa bu?
Bu Ana: Sebentar ( Membaca surat Yuri ) Oh, dia lagi ada acara keluarga ke luar kota.
Oky     : Oh...
Dela    : Usul bu...
Bu Ana: Ya, ada apa Dela?
Dela    : Gini bu, gimana kalo sekarang kita pergi liat Nani, kan pelajaran kita udah selesai tuh buk?
Maia    : Ide bagus tuh, gue suka!
Oky     : Kenapa kamu suka Mai? Biasanya kamu males kalo diajakin pergi ginian?
Maia    : Gue males belajar banget tau!
Mia      : Huu..
Bu Ana: Ya Dela, ibu setuju... Ayo, kita berangkat sekarang saja. Izinnya bisa ibu atur.

Semua membereskan buku-buku mereka...
Di rumah sakit...
Mereka menemukan Nani sedang duduk bersandar sendirian di kamarnya.

Bu Ana: Assalamualaikum..
Nani    : Waalaikum salam, ibu.. ( menjawab dengan lemah )
Mia      : Hallo Nani..
Dela    : Hei Nani..
Nani    : Hei kawan...
Dela    : Dah baikan??
Nani    : Udah, udah mendingan dari kemaren..

Saat sedang asyik ngobrol, ada suara yang sepertinya mereka kenal..
Berteriak teriak kesakitan...
Dela merasa sangat akrab dengan suara itu, dia kemudian berlari ke luar kamar...
Dan ternyata..
Yuri...

Dela    : Temen-temen, Yuri tuh yang terak-teriak, dia kenapa?
Maia    : Hah, bener loe? Kenapa tuh anak?
Dela    : Gag tau, aku mau liat dulu lah,,
Maia    : Aku juga..
Oky     : Aku ikut...

Mereka berlarian menuju ke arah Yuri. Sampai dikamar yang di tuju, mereka melihat yuri sedang terbaring lemah karena baru saja diberi obat penahan rasa sakit oleh seorang dokter yang baru saja keluar dari kamar itu.

Maia    : Yuri, Loe kenapa?
Yuri      : Hei, ngapain loe ada disini?
Dela    : Kita-kita lagi liatin Nani.
Yuri      : Oh..
Maia    : Loe kenapa? Itu tadi yang di kasi dokter ama lu obat apa? Gue pernah liat obat itu pas tante gue kena kanker...
Yuri      : Iya... Gue mengidap kanker otak stadium III,
Oky     : Parah banget ya??
Dela    : Oky, jangan lola donk.
Yuri      : Ia, aku mau jujur ma kalian, aku sama Maia yang bikin Nani sakit.
Maia    : Loe gila apa? Kok cerita disini sih?
Yuri      : ( mengabaikan Maia ) Aku yang masukin obat keras ke minumannya Nani sampe dia masuk rumah sakit..
Oky     : Oh, jadi yang kamu masukin ke mnuman itu berbahaya??
Dela    : Kamu liat?
Oky     : Iya..
Dela    : Ah dasar kamu..

Ternyata Bu Ana, Mia dan Nani yang berpegangan pada Mia datang dan mendengar pembicaraan itu.

Dela    : Nani.. Duduk sini.. ( memberikan kursi yang ada di sampingnya pada Nani )
Yuri      : Nan, maafin aku ya…
Nani    : Kenapa kamu tega?
Yuri      : Aku takut kamu ngelaporin kami ke bu Ana
Nani    : Ngelaporin apa?
Maia    : Kamu kan dipanggil bu Ana buat mata-matain kami kan?
Bu Ana: Ya ampun, kalian salah paham. Ibu manggil Nani karena mau tanya data-data tentang dia. Karena data yang sudah ibu berikan padanya ngga’ ketemu..
Maia    : Ja.. Jadi...
Mia      : Makanya Mai, jangan suuzhan jadi orang.
Dela    : Iya nih, akibatnya jadi kayak gini kan?
Maia    : Maafin aku...
Yuri      : Maafin aku juga ya...
Dela Mia Oky : Ya deh, kami maafin. Janji jangan di ulang.
Nani    : Aku juga maafin kalian..
Maia Yuri        : Makasih ya semuanya..
Bu Ana: Nah, Ibu senang kalain seperti ini (tersenyum bahagia )

Namun, sasaat kemudian..
Yuri mengerang kesakitan,

Maia    : Yuri.. tahan donk..
Dela    : Oky, panggil dokter cepat..
Oky     : Baik baik..
Yuri      : Semuanya, yuri mau pergi jauh.. Oky ngga’ usah panggil dokter. Percuma..
Dela    : Yuri, kamu ngomong apa sih?
Yuri      : Percuma kalau panggil dokter La.. Gak kan ada hasilnya...

Akhirnya, bu Ana dan teman-teman yuri melepaskan kepergiannya.....



NB :: Keinget masa-masa ini, jadi kangen SMANSASI :')

0 komentar:

Post a Comment